LinuxMint

Sekilas Tentang Linux Mint Debian Edition

linuxmint debian
Apa itu Linux Mint Debian Edition?
Linux Mint Debian Edition(LMDE) adalah linux turunan debian yang sistem release-nya yaitu rolling-release. seperti yang kita ketahu bahwa debian memiliki tiga tipe release yaitu stable, testing dan unstable. nah LMDE dikembangkan berbasis distribusi debian-testing.

Apa yang dimaksud rolling-release?
Yang dimaksud dengan rolling-release adalah bahwa paket-paket LMDE akan selalu terupdate. LMDE akan merelease paket-paket yang sudah di update, sehingga memungkinkan user LMDE dapat melakukan update paket terbaru. keuntungan menggunakan sistem ini adalah, user LMDE tidak perlu melakukan install ulang sistem operasinya setiap kali release terbaru diperbaharui, seperti halnya linux pada umumnya yang akan merekomendasikan penggunanya untuk instalasi paket terbaru setiap 6 bulan sekali atau setahun sekali.

Apa Hubungan LMDE dengan Debian?
Seperti yang sudah dikutip diatas, bahwa LMDE berbasiskan Debian-Testing. jadi dapat dikatakan bahwa semua paket debian kompatible pada LMDE.

Apakah LMDE Kompatibel dengan Ubuntu seperti Linux-Mint Utama?
Sepertinya tidak, karena LMDE di bangun berbasiskan debian, maka LMDE hanya bisa ngambil paket-paket yang di desain untuk debian testing.

Visit halam Linux Mint di http://www.linuxmint.com
atau download iso Linux Mint Debian Edition di http://blog.linuxmint.com/?p=2346
tersedia versi desktop: Mate-Desktop 32bit-64bit & Cinnamon 32bit-64bit.
Debian_logo

http://www.debian.org

Tinggalkan komentar